Latihan Soal UN Serasa Main Game

Latihan Soal UN Serasa Main Game di "Ruangguru.com"

Penulis: Fatimah Kartini Bohang

Ruangguru.com Tampilan situs Ruangguru.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan digtal Ruangguru.com bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia menggodok situs tes online untuk siswa SMP dan SMA. 
Situs tersebut (http://test.ruangguru.com) akan dikemas seperti ''game'' sehingga lebih menarik dan memudahkan pembelajaran siswa menuju Ujian Nasional (UN), Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Menurut pendiri ruangguru.com Iman Usman, sistem persiapan ujian selama ini kurang efektif dan efisien. Pasalnya, latihan soal seringkali hanya mengandalkan buku-buku tryout yang harganya relatif mahal dan evaluasinya kurang terukur.
"Buku-buku itu kebanyakan hanya mengakomodir soal-soal tahun sebelumnya dan kunci jawaban. Ukurannya cuma benar atau salah," katanya pada KompasTekno, Rabu (17/6/2015) di kantor ruangguru.com, Tebet Raya, Jakarta.
Melalui test.ruangguru.com, hasil pengujian memperlihatan analisis mendalam menggunakan grafik. Kelemahan dan kelebihan siswa, waktu pengerjaan soal dan perbandingan kemampuan siswa satu dengan siswa lain bakal tergambar jelas.
"Grafik itu bisa dibagi ke guru dan orang tua. Sehingga mereka tahu pembelajaran seperti apa yang paling pas untuk siswa," kata pria yang dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi nasional tahun 2012 ini.


Belajar seperti main game

Melihat tumpukan soal-soal try out di atas kertas putih bertinta hitam akan sangat menjenuhkan. Apalagi, kunci jawaban yang tersedia biasanya hanya menunjukkan jawaban benar tanpa penjelasan yang komperhensif dan mudah dimengerti.
Situs test.ruangguru.com ingin membuat persiapan ujian lebih menyenangkan lewat tampilan situs yang dinamis. Layar desktop hanya akan memunculkan satu soal. Jika sudah selesai, barulah siswa bisa menggulir untuk berpindah ke soal lainnya.
Untuk jawaban salah, situs akan memunculkan penjelasan kesalahan dan mengarahkan siswa pada solusi pengerjaan yang benar. Adapula skor akhir untuk tiap pengerjaan ujian.
Skor itu dibandingkan dengan siswa-siswa lain yang mengerjakan tes serupa. "Akan diberi peringkat dan dikelompokkan. Baik peringkat individu dalam satu sekolah, maupun peringkat kolektif antar-sekolah," Iman Usman menuturkan.
Jika siswa berhasil mencapai skor tertentu dengan standar yang dipatok, test.ruangguru.com mempersiapkan hadiah menarik. "Seperti game. Ada hadiahnya. Misalnya beasiswa ikut ujian SBMPTN, TOEFL, IELTS, atau voucher belajar di ruangguru.com," katanya.
Lewat sistem yang mendorong kompetisi dengan iming-iming hadiah, Iman Usman berharap para siswa dapat termotivasi untuk jadi yang terbaik.
Situs test.ruangguru.com saat ini masih dalam tahap uji coba ke beberapa sekolah. Bulan depan, versi betanya bakal diluncurkan. "Jika sesuai rencana, sekitar Agustus akan rilis resmi," pungkas Iman Usman.

© Kompas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juknis Masa Orientasi Peserta Didik Baru

Pengusulan Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun 2015

Penumbuhan Budi Pekerti di awal Tahun Pelajaran Baru