Latihan Soal UN Serasa Main Game
Latihan Soal UN Serasa Main Game di "Ruangguru.com"
![]() |
Tampilan situs Ruangguru.com |
Situs tersebut (http://test.ruangguru.com) akan dikemas seperti ''game''
sehingga lebih menarik dan memudahkan pembelajaran siswa menuju Ujian
Nasional (UN), Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Seleksi Bersama Masuk
Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
Menurut pendiri ruangguru.com Iman Usman, sistem persiapan ujian selama ini kurang efektif dan efisien. Pasalnya, latihan soal seringkali hanya mengandalkan buku-buku tryout yang harganya relatif mahal dan evaluasinya kurang terukur.
"Buku-buku itu kebanyakan hanya mengakomodir soal-soal tahun
sebelumnya dan kunci jawaban. Ukurannya cuma benar atau salah," katanya
pada KompasTekno, Rabu (17/6/2015) di kantor ruangguru.com, Tebet Raya, Jakarta.
Melalui test.ruangguru.com, hasil pengujian memperlihatan
analisis mendalam menggunakan grafik. Kelemahan dan kelebihan siswa,
waktu pengerjaan soal dan perbandingan kemampuan siswa satu dengan siswa
lain bakal tergambar jelas.
"Grafik itu bisa dibagi ke guru dan orang tua. Sehingga mereka tahu
pembelajaran seperti apa yang paling pas untuk siswa," kata pria yang
dinobatkan sebagai mahasiswa berprestasi nasional tahun 2012 ini.
Belajar seperti main game
Melihat tumpukan soal-soal try out di atas kertas putih
bertinta hitam akan sangat menjenuhkan. Apalagi, kunci jawaban yang
tersedia biasanya hanya menunjukkan jawaban benar tanpa penjelasan yang
komperhensif dan mudah dimengerti.
Situs test.ruangguru.com ingin membuat persiapan ujian lebih
menyenangkan lewat tampilan situs yang dinamis. Layar desktop hanya
akan memunculkan satu soal. Jika sudah selesai, barulah siswa bisa
menggulir untuk berpindah ke soal lainnya.
Untuk jawaban salah, situs akan memunculkan penjelasan kesalahan dan
mengarahkan siswa pada solusi pengerjaan yang benar. Adapula skor akhir
untuk tiap pengerjaan ujian.
Skor itu dibandingkan dengan siswa-siswa lain yang mengerjakan tes
serupa. "Akan diberi peringkat dan dikelompokkan. Baik peringkat
individu dalam satu sekolah, maupun peringkat kolektif antar-sekolah,"
Iman Usman menuturkan.
Jika siswa berhasil mencapai skor tertentu dengan standar yang dipatok, test.ruangguru.com mempersiapkan hadiah menarik. "Seperti game. Ada hadiahnya. Misalnya beasiswa ikut ujian SBMPTN, TOEFL, IELTS, atau voucher belajar di ruangguru.com," katanya.
Lewat sistem yang mendorong kompetisi dengan iming-iming hadiah, Iman
Usman berharap para siswa dapat termotivasi untuk jadi yang terbaik.
Situs test.ruangguru.com saat ini masih dalam tahap uji coba
ke beberapa sekolah. Bulan depan, versi betanya bakal diluncurkan.
"Jika sesuai rencana, sekitar Agustus akan rilis resmi," pungkas Iman
Usman.
© Kompas
Komentar
Posting Komentar